Sunday, March 6, 2016

Live Streaming Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016

Halo sobat, kalian pasti sudah tahu kan fenomena besar yang akan terjadi pada tanggal 9 Maret nanti? Yap betul, gerhana matahari total yang akan terjadi pada tanggal 9 Maret nanti menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh warga dunia, tentunya fenomena langka seperti ini tidak ingin terlewatkan. GMT yang akan terjadi nanti hanya dapat terlihat di beberapa daratan Indonesia saja, selebihnya terlihat di perairan samudra Pasific.




Pada saat GMT terjadi, bulan akan bergeser menghalangi cahaya matahari yang bergerak dari arah barat ke timur sehingga GMT akan terjadi dari barat menuju ke lautan Hindia. Jalur GMT ini melintasi 10 provinsi di Indonesia. Fenomena ini secara utuh dapat disaksikan di Palembang, Bangka, Belitung, Palangkaraya, Balikpapan, Sampit, Luwuk, Ternate, Tidore, Palu, Poso dan Halmahera. Tentunya hal ini menjadi daya tarik para wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang ingin berkunjung ke kota tersebut.

Total lebar dari jejak GMT tersebut di muka bumi ini sepanjang 155 kilometer. Selain itu, sejumlah daerah lain di Indonesia juga bisa menyaksikan gerhana matahari sebagian, diantaranya; Kota Padang, Jakarta, Surabaya, Bandung,  Denpasar, Banjarmasin, Pontianak, Makassar, Kupang, Ambon dan Manado. Di DKI Jakarta, gerhana matahari sebagian ini akan terjadi mulai pukul 6.19 WIB.

Nah buat kalian yang ingin melihat GMT tersebut, kalian bisa berkunjung ke kota-kota yang saya sebutkan tadi. Namun tentunya kita harus menyiapkan budget yang cukup untuk mengunjungi kota tersebut. Buat kalian yang tidak memiliki kesempatan untuk mengunjungi kota tersebut, BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika) telah menyiapkan channel untuk melakukan streaming pada saat tanggal 9 nanti. 

Berikut adalah channel untuk melihat GMT pada tanggal 9 nanti. Channel ini merujuk pada proses terjadinya gerhana di Palangkaraya dan hanya akan tersedia pada tanggal 9 saja.





Jadwal penayangannya adalah sebagai berikut:

Kontak Pertama06:23:29.1 WIB
Kontak Kedua07:28:57.3 WIB
Puncak Gerhana07:30:12.1 WIB
Kontak Ketiga07:31:26.9 WIB
Kontak Keempat08:46:54.5 WIB
Durasi Gerhana2 jam: 23 menit : 25.4 detik
Durasi Totalitas2 menit : 29.7 detik
Magnitudo Gerhana1.016


Jika live streaming diatas tidak tersedia atau mengalami gangguan, silahkan kunjungi link berikut.

No comments:

Post a Comment