Monday, March 28, 2016

Robot Serangga Paling Murah yang Bisa Kamu Buat Sendiri Di Rumah

Jika kita ditanya tentang bagaimana cara membuat robot, mungkin kita akan membayangkan tentang berbagai macam komponen yang canggih dan juga mahal serta proses pembuatan yang menguras waktu cukup lama. Memang benar untuk membuat robot yang bagus tentunya diperlukan komponen yang bagus pula, selain itu proses pengerjaanya pun tidak lah mudah, butuh waktu yang cukup lama untuk membuat robot yang super canggih. 

Ternyata untuk membuat robot sederhana, kita tidak perlu membeli komponen yang sangat mahal, bahkan sikat gigi pun bisa disulap menjadi sebuah robot. Robot yang terbuat dari sikat gigi ini bisa bergerak hanya dengan menggunkan baterai jam tangan serta sebuah motor vibrator. Robot ini berjalan dengan sistem pergerakan yang memanfaatkan getaran dan pergerakannya menyerupai pergerakan dari seekor kecoa, robot ini sering disebut dengan istilah robot bergetar atau vibration robot. Berikut adalah gambaran dari robot yang terbuat dari sikat gigi tersebut.


Pada gambar terlihat bahwa yang digunakan untuk membuat robot adalah bagian dari kepala sikat giginya saja. Pada saat motor digerakan maka akan menimbulkan getaran sehingga bulu sikat gigi juga ikut bergetar dan akhirnya menggerakan kepala sikat dan berjalan seperti seekor kecoa. Untuk membuat sangatlah mudah, kita tidak perlu memiliki pengetahuan khusus tentang robotika. Yang kita perlukan hanyalah beberapa komponen sederhana yang tentunya dapat dengan mudah kita temukan di sekitar kita.

Jika kalian ingin mencoba membuatnya, usahakan menggunakan sikat gigi yang bulunya masih rapi dan bagus, saya sarankan menggunakan sikat gigi baru, tapi kalau ada yang bekas namun bulunya masih bagus juga itu tentunya masih bisa digunakan. Untuk bereksperimen kalian bisa mencoba berbagai macam sikat gigi dengan jenis bulu sikat yang berbeda-beda karena jenis bulu sikat nanti akan mempengaruhi bagaimana pergerakan dari robot ini.

Untuk mendapatkan getaran penggeraknya, kita memerlukan sebuat motor vibrator. Motor ini bisa kita dapatkan dari sebuah handphone bekas, yang perlu kita lakukan hanyalah membongkar handphone tersebut dan mengambil bagian motornya saja. Jika kalian tidak mempunyain handphone bekas, kalian bisa mencari motor tersebut di tempat servis handphone. Kalian juga bisa bereksperimen dengan menggunakan motor jenis lain yang ukurannya tidak terlalu besar sehingga masih dapat digerakkan dengan menggunakan baterai jam tangan.

Baterai jam tangan yang digunakan sebagai power supply bisa kita dapatkan dari jam tangan bekas, namun jika kita ingin robot kita lebih tahan lama coba gunakan baterai jam tangan yang baru. Ada beberapa macam baterai jam tangan yang memiliki nilai tegangan yang berbeda-beda, kita bisa memilih yang sesuai dengan karakteristik motor yang kita gunakan. Untuk getaran yang tidak terlalu kencang kita bisa menggunakan batre dengan tegangan 1.5V sedangkan jika ingin lebih kencang kita bisa menggunakan batre dengan tegangan 3V.

Setelah semua komponen terkumpul, kita bisa langsung membuat robot kecoa milik kita sendiri, caranya tempalkan motor di atas kepala sikat gigi dengan menggunakan double tape. Setelah itu tempelkan beterai, kemudian tempelkan kedua kabel yang ada pada motor dengan batre jam tangan, tidak perlu khawatir terbalik, karena yang kita butuhkan hanyalah getarannya saja sehingga aras rotasi motor tidak perlu kita hiraukan. Jika motor sudah bergerak, simpan robot di atas lantai, maka robot akan mulai bergerak dengan gerakan yang mirip dengan gerakan kecoa.

Biar lebih menarik, kalian bisa membuat maze sebagai arena tempat robot kalian berjalan dan membuat kompetisi mencari jalan keluar dengan teman-teman. Bagaimana? Membuat robot itu ternyata tak begitu susah bukan? Dengan modal yang kecil ditambah kreativitas, kita bisa membuat robot kita sendiri. Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment