Tuesday, March 1, 2016

Robot Ini Masih Mampu Bertahan Walaupun di "Bully"

Kalian pernah dengar Boston Dynamics? Boston Dynamics merupakan perusahaan yang berasal dari Massachusetts Institute of Technology yang mengembangkan robot futuristik terkemuka yang berfokus pada ketangkasan, kelihaian, serta mobilitas. Saat ini perusahaan ini telah di akusisi oleh raksasa internet yaitu Google.

Sudah banyak sekali robot yang dihasilkan oleh perusahaan ini, salah satunya adalah robot yang diberinama Atlas. Robot ini dapat berjalan dipermukaan batu yang terjal dan bersalju. Atlas ini didesain menyerupai manusia (humanoid) dengan tujuan utama sebagai robot penyelamat.



Beberapa waktu terakhir ini, Boston memperkenalkan robot generasi terbaru dari Atlas yang hingga artikel ini diterbitkan robottersebut masih belum diberi nama. Dari video yang beredar terlihat bahwa robot terbarunya ini didesain untuk beroperasi diluar ruangan, mampu berjalan diatas batu dan salju tanpa mengalami gangguan kesetimbangan. Selain itu, robot ini juga dapat mengangkat beban dengan berat 5 kg.





Yang menarik dari video tersebut adalah ketika si pengembang menguji kesetimbangan robot tersebut dengan cara mendorongnya, si robot bisa menjaga kesetimbangannya menahan terjangan dari si poengembang. Namun jika si robot terjatuh, dia memerlukan waktu beberapa saat untuk bisa berdiri kembali. 

Berbagai macam repons datang dari netizen yang melihat video tersebut, banyak yang takjub dengan adanya pengembangan robot yang dilakukan oleh Boston. Ada juga netizen yang mengecam perlakuan si pengembang terhadap robot itu karena dianggap sebagai bullying, walaupun sebenarnya si pengembang melakukannya hanya untuk menguji ketangguhan dari robot tersebut. 

Kapan ya di Indonesia bisa mengambangkan robot seperti itu??

3 comments:

  1. Wuaah robot yang hebat. Semoga Indonesia bisa bikin yang lebih canggih dari ini.

    ReplyDelete
  2. Pas ending si robot pundung kabur ti Lab..

    ReplyDelete