Wednesday, March 9, 2016

Tutorial Komunikasi Jarak Jauh 2 Arduino Menggunakan Modul RF 315/433 Mhz

Halooo, kali ini saya akan membahas tutorial bagaimanacara menghubungkan 2 buah Arduino dengan jarak yang jauh. Pada tutorial kali ini modul yang digunakan yaitu modul RF 315/433 MHz. Untuk detail dari modul ini, kalian bisa klik disini.

Sebelum kita masuk ke tutorial, alangkah baiknya kita persiapkan terlebih dahulu alat dan komponen apa saja yang akan kita butuhkan nanti. Berikut ini adalah daftar komponen yang diperlukan:

  • 2 pcs Arduino Board 
  • 1 pasang modul RF315/433 MHz (transmitter dan receiver, dalam turoial ini saya menggunakan modul dengan frekuensi 433 MHz)
  • 2 pcs Led
  • 3 pcs Resistor 330 Ohm
  • 1 pcs Push button
  • Kabel jumper secuckupnya
Setelah semuanya siap, ikuti langkah berikut.

1. Buat rangkain seperti pada gambar di bawah ini, masing-masing menggunakan komponen yang berbeda. Pastikan jalur power terkoneksi dengan benar agar tidak merusak modul.


Rangkaian Trasmitter

Rangkaian Receiver


2. Sebelum masuk ke kode pemrograman, download terlebih dahulu library Radio Head agar modul dapat terdeteksi. Library dapat di download disini.

3. Setelah library selesai di download, ekstrak library tersebut, kemudian tempatkan di direktori Arduino IDE milik kalian, tepatnya di folder <arduino direktori>/libraries.



3. Upload kode berikut ke masing-masing Arduino.

Trasmitter




Receiver



Penjelasan kode:
Pada bagian transmitter, pada saat tombol tidak di tekan maka, input akan membaca nilai HIGH, kemudian akan mentransmisikan pesan "Its High", sedangkan pada saat tombol ditekan maka input akan membaca nilai LOW kemudian akan mentransmisikan pesan "Its Low".

Pada bagian penerima, pesan diambil kemudian disimpan di variabel char, kemuadian diambil array ke-5 (di kode ditulis 'diterima[4]') dan jika data berisi huruf L, maka lampu akan menyala, sedangkan jika data yang diterima huruf H maka lampu akan mati.

Dengan demikian, pada saat tombol di bagian transmisi ditekan, maka lampu di bagian penerima akan menyala, sedangkan jika tombol dilepas maka lampu akan mati.

4. Lakukan pengujian dengan cara meletakkan kedua rangkaia secara terpisah dengan carak yang cukup jauh, misalkan pengujian pertama dengan jarak 2-3 meter. Agar jangkauan semakin panjang, naikkan level tegangan input pada bagian transmitter, atau kalian juga bisa tambahkan antena tambahan seperti yang sudah saya jelaskan di postingan sebelumnya. 


Nah itulah tutorial singkat untuk melakukan komunikasi jarak jauh antara 2 Arduino, semoga tutorial ini bermanfaat. Selamat mencoba.

NB: Jika ada kesulitan atau ada yang ingin ditanyakan mengenai postingan ini, silahkan menghubungi saya disini.

10 comments:

  1. Mas, ketika 1 buah nrf24L01 dipakai buat receiver, Apakah dia juga bisa sekaligus mengirim data ke arduino lain? (sebagai transmit), disaat bersamaan ? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa mas, jadi difungsikan sebagai transceiver

      Delete
    2. Mas TEGUH MUSAHARPA , Modul yg sy punya sbb.
      1. Wemos D1 R2
      2. SX1278 (LoRa SX1278 433M RF Module Long Distance 10KM)
      3. SI4432 (SI4432 Long Range 1km RF Module transmitter )
      sy ingin mengaplikasikan Wemos D1 R2 di kendalikan oleh remot frekuensi 315/433Mhz bagaimana caranya mas ..?? Mohon Bantuannya.

      Delete
    3. maksudnya dikendalikan bagaimana ya mas? saya masih belum mudeng. kalau misalkan ingin mengontrol modul lain dengan menggunakan modul 315/433 MHz saya kira agak rumit mas, soalnya nanti tiap modul harus ada penghubungnya dahulu

      Delete
    4. mungkin untuk jaman sekarang komunikasi berbasis Ip (IoT) lebih disarankan mas, soalnya lebih praktis untuk mengontrolnya. Kalau yang pake radio frekuensi terbatas cakupan kontrolnya

      Delete
  2. maaf sebelumnya mas saya mau bertanya kalau codingnya untuk pengirim dan penerimanya dengan media handytalky hampis sama dengan contoh mas buat kan??mohon bantuanya ya mas. urgent banget ni mas

    ReplyDelete
  3. maaf sebelumnya mas saya mau bertanya kalau codingnya untuk pengirim dan penerimanya dengan media handytalky hampis sama dengan contoh mas buat kan??mohon bantuanya ya mas. urgent banget ni mas

    ReplyDelete
  4. maaf sebelumnya mas saya mau bertanya kalau codingnya untuk pengirim dan penerimanya dengan media handytalky hampis sama dengan contoh mas buat kan??mohon bantuanya ya mas. urgent banget ni mas

    ReplyDelete
  5. maaf sebelumnya mas saya mau bertanya kalau codingnya untuk pengirim dan penerimanya dengan media handytalky hampis sama dengan contoh mas buat kan??mohon bantuanya ya mas. urgent banget ni mas

    ReplyDelete
  6. Mas mau tanya, kalau pakai 2 pasang rf 433 biar frekuensi nya ga sama yang di ubah yang mana

    ReplyDelete